Bepergian dengan bus ke Danau Inlay, Myanmar – Bukan tugas yang mudah, tetapi sepadan dengan perjalanannya

Ini jauh entah dari mana saat saya duduk dengan tidak nyaman di kursi sempit saya dalam perjalanan ke Danau Inle dari Bago Myanmar. Ini jam 3 pagi, saya lelah, tubuh saya sakit dan saya sudah berada di bus atau menunggu bus selama 19 jam terakhir. Yang terbaik dari semuanya, danau ini “sangat indah” seperti yang dikatakan semua buku panduan karena ini adalah perjalanan tersulit yang pernah saya lakukan dalam lima bulan.

Ini adalah waktu Festival Air, waktu terpanas sepanjang tahun, dan semua orang di negara ini naik bus untuk mengunjungi kerabat dan melihat pemandangan sendiri. Kami tiba di Bago, sebuah kota 80 km timur laut Yangon melalui Kyiakito pada sore hari untuk memesan bus malam ke Danau Inle. Operator tur dengan bersemangat mengambil uang kami, tetapi gagal memberi tahu kami bahwa tidak mungkin mendapatkan kursi selama musim sibuk ini dalam waktu sesingkat itu. Seiring berjalannya waktu, kami dengan cemas menunggu ketersediaan tempat, pemilik kami yang putus asa menandai setiap bus yang melewati kota berdebu ini sampai akhirnya sopir setuju untuk menjemput kami.

Itu adalah pengalaman yang memalukan ketika kami naik bus. Orang-orang diusir dari kursi mereka untuk memberi ruang bagi kami. Karena bahasa mereka tidak diucapkan, protes kami tidak didengarkan. Kami tidak ingin orang-orang duduk di lantai untuk kami, tetapi tidak ada yang bisa kami lakukan untuk itu, dan kami ditunjukkan di tempat yang telah ditentukan.

10 jam berikutnya adalah variety show yang sangat keras “Laugh In” Saya tidak bisa mengerti sepatah kata pun, bus penuh dengan barang bawaan, saya harus meletakkan ransel 70L saya di bawah kaki saya dan suhunya sangat panas sehingga sulit untuk bernapas. Sementara saya tertidur untuk pelarian yang luar biasa dari tidur, kami berhenti pada jam 1 pagi untuk makan malam. Siapa yang makan di tengah malam? Tapi benar saja, semua orang turun dan memesan makanan lengkap dari warung pinggir jalan. Kami akhirnya tinggal di stasiun yang semarak ini lebih lama dari yang diharapkan karena bus kami sedang diperbaiki dan tidak akan pergi ke mana pun dalam waktu dekat.

Saya memiliki kesempatan untuk sepenuhnya menonton adegan itu.

Malam sudah sangat larut, anak-anak berlarian bermain, musiknya keras, banyak warung makan yang sibuk memasak makanan dan pasar buka menjual sayur dan buah. Tempat ini sedang booming karena mencari nafkah dari bus malam yang berhenti di sini penuh dengan orang yang rela mengeluarkan uang.

Akhirnya kami dalam perjalanan, dan setelah kami duduk di kursi kami, acara variety dialihkan ke “11” untuk dinikmati semua orang. Entah bagaimana, saya bisa tertidur lagi, tetapi pada jam 5:00 pagi, saya terbangun karena azan melalui pengeras suara. Sepertinya tidak ada yang keberatan, jadi saya duduk di kursi saya dan menonton adegan itu. Kami melewati kereta banteng yang penuh dengan produk untuk pasar, kereta kuda yang membawa orang ke kota, kerbau dan anak-anak berjalan ke sekolah sampai sopir menghentikan bus untuk memberi tahu kami bahwa ini adalah pemberhentian kami.

Kami tertinggal di pinggir jalan dan sisa bus menuju ke Mandalay. Negosiasi seharusnya dimulai dari awal untuk truk pikap yang tiba di danau. Kami belum pernah menemukannya sebelumnya, tetapi kami dapat naik minibus yang sangat padat di mana saya akan menghabiskan delapan jam berikutnya dalam cuaca 45 derajat tanpa bantuan dari panas. 5.000 kyat ($6) membelikan saya kursi motor dengan bantal jerami tipis untuk diduduki. Kami berempat berdesakan di bagian depan truk. Seorang pengemudi yang tidak berhenti merokok, seorang biksu muda terjebak di antara saya dan pengemudi dan suami saya yang terjebak di antara saya dan pintu.

31 jam setelah meninggalkan tujuan awal kami, kami tiba di Danau Inle, di mana kami mengambil wisma pertama yang dapat kami temukan dan beristirahat dengan cepat untuk sisa hari itu.

Saya tidak akan tahu apakah Danau Inle seindah yang dikatakan buku panduan, kami berada di Myanmar pada waktu terpanas dan terkering sepanjang tahun, tetapi selama kami tinggal di danau itu dingin, hujan, dan mendung. Kami belum pernah melihat panorama yang begitu menakjubkan. Tetapi seperti di mana pun kami mengunjungi di negara ini, orang-orang membuat pengalaman. Dia hangat dan ramah dan kami bahkan diundang ke rumah pribadi untuk minum teh dan mengobrol. Di sebuah kuil di danau bernama Biara Kucing Melompat, sekelompok orang begitu terpesona oleh kami sehingga meja-meja berputar dan kami menjadi daya tariknya. Orang-orang bergiliran berfoto bersama kami dan kami tertawa sambil mengacungkan jempol ke kamera. Para biksu berkacamata memberi tanda perdamaian dan wisatawan merangkul kami untuk berfoto. Ketika Dave menunjukkan foto-foto di kamera digitalnya kepada orang-orang, semua orang lari, dan ingin dia mengambil lebih banyak.

Apakah Danau Inlay sepadan dengan perjalanan bus dari neraka atau tidak? Tentu saja. Saya mengalami keramahan murni dan memiliki kesempatan langka untuk melihat Pendayung Kaki Intha, yang terkenal dengan cara unik mereka mendorong perahu mereka dengan satu kaki melilit dayung mereka. Saya mengunjungi sebuah biara yang penuh dengan kucing yang dilatih oleh para biarawan untuk melompati lingkaran dan cukup beruntung untuk berinteraksi dengan orang-orang yang telah terputus dari dunia luar begitu lama.